Cara Melindungi Diri Dan Keluarga Selama Pandemi COVID-19

  1. Ketahui Cara Penyebaran COVID-19

Penyakit COVID-19 menular melalui droplet (tetesan kecil) yang berasal dari hidung dan mulut seseorang yang mengidap COVID-19 ketika mereka bernafas, berbicara, batuk, dan bersin. Droplet dapat terbang sejauh 1 meter dan bertahan di benda atau permukaan. Jika droplet tersebut mengenai lapisan mucus pada mulut dan hidung kita, maka kita bisa tertular oleh COVID-19.

Seseorang yang terinfeksi COVID-19 memiliki kemampuan menularkan virus dari 2 hari sebelum muncul gejala sampai 14 hari setelah muncul gejala. Informasi mengenai periode penularan sebelum muncul gejala penting untuk diketahui sehingga kita lebih berhati-hati dan tetap menjaga jarak meski kolega, sahabat, atau keluarga yang kita temui tampak sehat.

Berdasarkan laporan WHO pada bulan Juli, penularan COVID-19 dapat melalui udara. Hal ini terjadi pada tindakan atau prosedur medis sehingga para tenaga kesehatan membutuhkan alat perlindungan diri yang lebih lengkap saat bekerja. Penularan melalui udara ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai karakteristiknya.

  1. Sering Membersihkan Tangan

Droplet virus dapat menempel pada tangan kita. Paparan terjadi secara langsung ataupun tidak langsung ketika menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi droplet virus. Hal ini dapat menyebabkan kita terinfeksi pada saat tangan yang kotor menyentuh hidung, mulut atau mata kita.

Menbersihkan tangan sesering mungkin pada saat kita beraktivitas di luar rumah dapat mengurangi kemungkinan kita terinfeksi COVID-19. Cuci tangan dapat diganti dengan penggunaan hand sanitizer, namun tidak bisa membersihkan jika tangan kita kotor atau berminyak. Kebersihan tangan sangat penting terutama sebelum menyentuh wajah kita.

  1. Menjaga Jarak Dengan Orang Lain

Menjaga Jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan tidak berada pada kerumunan orang dapat mengurangi risiko infeksi COVID-19 karena sifat droplet virus yang hanya dapat terbang sejauh 1 meter.

  1. Kenakan Masker Dengan Benar

Menggunakan masker merupakan cara yang efektif untuk melindungi diri kita dari infeksi COVID-19. Namun, penggunaan masker masih banyak yang salah sehingga mengurangi keefektifannya. Masker harus digunakan menutupi hidung dan mulut karena merupakan tempat masuk virus.

  1. Mandi Dan Ganti Pakaian Setelah Bepergian

Badan dan pakaian dapat terkontaminasi virus tanpa kita ketahui saat kita bepergian ke luar rumah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mandi dang anti pakaian sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan antara lain konsumsi gizi yang seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup dan kelola stress.

  1. Mengontrol Penyakit Yang Telah Diderita Sebelumya

Rutin memeriksakan diri ke dokter dan tetap mengkonsumi obat jika memiliki penyakit yang telah diderita sebelumnya. Penyakit-penyakit yang dapat memperberat infeksi COVID-19 antara lain orang-orang yang mengidap diabetes, hipertensi, kanker, obesitas dan penyakit paru kronis (PPOK, Asma, TBC)

  1. Mewaspadai Gejala Penyakit Covid-19

Mewaspadai jika demam dan memiliki gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti batuk, pilek, sakit tenggorakan. Jika merasa sakit, lebih baik untuk izin tidak bekerja karena dapat menularkan penyakit ke rekan kerja dan kembali bekerja pada saat sudah tidak menunjukan gejala lagi. Periksakan diri ke dokter jika obat-obatan yang tersedia secara bebas tidak bisa lagi mengurangi gejala penyakit anda.

Sumber:

Dr. Listiana Aziza, Sp.KP, Adistikah Aqmarina, SKM, Maulidiah Ihsan, SKM, 2020, Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Revisi Ke-5, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta

Gambar:

Travel photo created by freepik – www.freepik.com

People photo created by freepik – www.freepik.com

Hand photo created by freepik – www.freepik.com

People photo created by stockking – www.freepik.com

Water photo created by jcomp – www.freepik.com

Vintage photo created by ijeab – www.freepik.com

People photo created by pressfoto – www.freepik.com

Water photo created by freepik – www.freepik.com

Danang

Dokter Umum yang tinggal di Ambon, Maluku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *